Rabu, 27 Januari 2010

BAGAIMANA BAHAGIA MENURUT ANDA...??

BAGAIMANA BAHAGIA MENURUT ANDA...??

By elha – pengasuh KLINIK CINTA

“Apa yang membuat Anda Bahagia…?” tanya seorang trainer dalam satu pelatihan di Jakarta Islamic Center (JIC) tahun 2007

Peserta terdiam. Tiada suara. Hening.

“Kalau saya bahagia ketika melihat saldo tabungan bertambah. Diambil kok nambah....” jelas trainer tadi disambur grrrrrr hadirin.

“Ayo, ungkapkan lima peristiwa yang membuat Anda bahagia....!”

Peserta kemudian semangat untuk menuangkan apa yang ada dipikirannya. Apa yang tersembunyi dibalik perasaannya. Suasana mulai gaduh. Riuh rendah suara orang berdiskusi, suara tawa, canda, hingga suara gesekan kursi dan sobekan kerta....

Mungkin ada yang menuliskan makna cinta sebagai peristiwa bahagia. Mungkin ada yang menyebut gaji, pangkat, keluarga, harta, warisan, membeli sesuatu, pokoke banyaklah. Bukan tidak mungkin hubungan suami isteri disebut sebagai unsur kebahagiaan. Setiap orang tentu saja memiliki batas tersendiri dalam menentukan wilayah demarkasi kebahagiannya.

Secara bahasa definisi bahagia pada saat kita mendapatkan atau mencapainya, dan itu dikatakan sebagai sukses (www.wikimu.com)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia definisi bahagia adalah keadaan atau perasaan senang dan tenteram (bebas dr segala yg menyusahkan)

Entah kenapa kalau aku merasa bahagia bila menitikkan air mata dikala sujud, merendahkan diri ke haribaan-Nya....ringan sekali rasanya hidup ini, ketika kita menyandingkan diri kita pada-Nya.

Melihat Orang tuaku senang dan tersenyum melihat kedatanganku. Orang tuaku senyum mendapatkan apa yang diinginkan....orang tuaku senyum melihat anak dan cucunya....duh, rasanya hati ini senut-senutan....tak terbayangkan euy...bahagiaaaa banget...sampe kadang aku ga sadar klo ada air mengalir dari mataku melewati pipi. I Love U Mom, I Love U Pap (alm)...

Selain itu aku menuliskan pula rasa bahagia muncul ketika anak-anakku datang dan mengeliat & bergelendotan..(hehehehe...apa ya bahasa Indonesiany)...di kedua pundakku, sambil tertawa riang. Saat melihat isteriku gembira dan memelukku...duh,...indah sekali hidup ini....

Bahagia itu datang manakala anak-anak yatim datang dan berdoa untuk kebaikan kami. Oh, andai kata Allah memberikan amanah yang lebih lagi....ingin menjadikan mereka sebagai bagian dari keluarga kami...memenuhi sendi & ruang rumah kami...memberikan kami nuansa tawa dan canda mereka.....Yaa Allah kabulkanlah permohonan kami. Amien

Kebahagian semakin terasa bila masih ada orang yang mau memberikan ’dapurnya’ kepada kami. Mempercayakan problematika mereka untuk didiskusikan dan musyawarahkan....

Bagaimana wujud bahagia menurut Rekans pembaca...???

Silakan, semua bebas, semua benar & semua sangat sah, karena setiap orang memiliki cita rasa yang berbeda. Yang nilainya tidak bisa dibandingkan dengan orang lain

Catatan : Mhn maaf klo redaksi dialog & suasa pelatihan di JIC sudah elha modifikasi, karena sudah terlalu lama & tidak ingat detailnya.

Salam cinta – salam ukhuwah

--elha/KLINIK CINTA—

www.jangankedip.blogspot.com

4 komentar:

Anonim mengatakan...

bahagia kalao gw bisa dapat keluarga bahagia. bahagia kalao anak gw jadi orang. bahagia kalao gw bisa pergi haji
-abum-

Anonim mengatakan...

bahagia kalao gw bisa dapat keluarga bahagia. bahagia kalao anak gw jadi orang. bahagia kalao gw bisa pergi haji
-abum-

elha mengatakan...

Bahagia memiliki makna tersendiri bg setiap insan....tinggal bgmn kita mengatur & mengelolanya

salam ukhuwah
elha

Agung Suryo mengatakan...

bahagia kalo cinta saya hari ini diterima.... :D