Senin, 09 Februari 2009

Valentine's Day ….CINTA SEJATI ATAU KORBAN BISNIS

Valentine's Day ….CINTA SEJATI ATAU hanya KORBAN BISNIS
by elha 12.02.2007 (dari berbagai sumber)

Setangkai bunga merah ia letakkan di atas dadanya, seraya senyum dia ber-ujar, “Happy Valentine……”
Loch kok bunga merah….iya donk. Wong nuansa Valentine aja Merah Muda. Pink kata orang Jawa….

Sebenarnya APA SEEH VALENDTINE’S DAY itu…..???
Banyak versi dengan beragam pernik, sehingga sulit mengatakan yang satu lebih benar dari yang lain….

Dr. Rebecca Brown dalam The International Best Seller, cetakan ke 501 tahun 2006, menulis “Bebas dari Cengkeraman Setan oleh Dr.Rebecca Brown”

Isinya :
Bahwa sesungguhnya di Amerika ada 17 hari raya dan salah satunya adalah Valentine Day atau kaum remaja lebih kenal dengan istilah Hari Kasih Sayang sebagai ungkapan rasa cinta...

Valentine Day dikembangkan oleh pemimpin Gereje Setan di Amerika (Lucifer = iblis = setan) dengan sasaran utama kaum remaja di seluruh dunia (berarti semua remaja dari berbagai agama didunia)

yang mana mereka tidak mempunyai gedung gereja menetap, melainkan mereka selalu berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya karena Gereja ini sudah dilarang oleh pemerintah federal karena ajarannya yang sangat menyesatkan namun berkembang sangat pesat... Para pengikut gereja setan menyebutkan dirinya dengan The Brother Hood (untuk kaum pria) dan Sister and Life (untuk kaum wanita)....

Kok Sereem ya….emang gak ada kisah yang lain….Easy. Ada kok.

Ensiklopedia Katolik menyebutkan tiga versi tentang Valentine, tetapi versi terkenal adalah kisah Pendeta St.Valentine yang hidup di akhir abad ke 3 M di zaman Raja Romawi Claudius II. Pada tanggal 14 Februari 270 M Claudius II menghukum mati St.Valentine yang telah menentang beberapa perintahnya
Claudius II melihat St.Valentine mengajak manusia kepada agama nashrani lalu dia memerintahkan untuk menangkapnya.

Namun agama Nasrani sendiri tidak pernah menyebut Valentine’s day (Hari valentine) sebagai Hari Raya agama mereka.


Lalu APA SEEH VALENTINE ITU
Dalam era modern Valetine Days sudah beralih dari issue Gereja centris ke issue drama percintaan dan kasih sayang anak muda dan remaja yang keranjingan cinta. Makanya nuansanya pun diubah. Tidak lagi klasik melainkan serba PINK. Dengan symbol hati (love) berwarna merah atau sayap burung… for : When every foul cometh ther to choose his mate

Di Amerika sendiri Hari Valentine baru dikenal pada tahun pertengahan abad 19, ketika mereka mengimpornya dari Britania Raya, negara yang mengkolonisasi Amerika. Nah, sebagai negara pedagang, Amerika mulai mencetak kartu ucapan, sebagai bentuk ungkapan cinta. Maklum pedagang….semua mulai dibisnis-in.

Di Indonesia, Hari valentine selalu dikaitkan dengan karakter ‘khas anak muda/remaja Indonesia’ yang cenderung konsumtif. Budaya ini cenderung populer karena melibatkan banyak pihak. Terutama anak muda dan remaja yang masih mencari identitas diri dan kalangan indistri yang melihat mereka sebagai pasar potensial.
 So, lihatlah di mall, swalayan, pertokoan, hotel, setasiun tv, radio, dll….isinya kotak coklat, boneka, perhiasan, berbie……

The Greeting Card Association (Asosiasi Kartu Ucapan AS) memperkirakan bahwa di seluruh dunia sekitar satu milyar kartu valentine dikirimkan per tahun. Hal ini membuat hari raya ini merupakan hari raya terbesar kedua setelah Natal di mana kartu-kartu ucapan dikirimkan. Asosiasi yang sama ini juga memperkirakan bahwa para wanitalah yang membeli kurang lebih 85% dari semua kartu valentine.

KESIMPULAN
Dari uraian diatas, bolehlah kita menyimpulkan bahwa Valentine’s Day bukanlah hari raya, baik bagi kalangan Islam ataupun kaum Nasrani.

Lalu mengapa jadi demikian popular, wah dan heboohhh nian. Tak lain dan tak bukan karena kepentingan bisnis. Coba liat, pihak mana yang paling giat mem-promosikan Valentine’s Day kalau bukan para bisnisman. Atau setidaknya sayap-sayap bisnis mereka seperti mall-mall, swalayan , stasiun tv, radio, dll.

So, masihkah kita ingin menjadi OBYEK DARI BISNIS ORANG LAIN….menjadi Sandera yang di ‘SERBU’ oleh barang-barang konsumtif ala Valentine’s Day….

Semua berpulang pada hati nurani masing-masing.

Selanjutnya : Valentine’s Days dari sudut pandang Islam.

Slm ukhuwah – slm Cinta
elha


Referensi
1. Dr. Rebecca Brown, The International Best Seller, cetakan ke 501 tahun 2006
2. Wikipedia
3. Artikel lain tentang Valentine’s Day


21 komentar:

elha mengatakan...

tenx elot...maaf saya bbrp wkt vakum, krn hrs menyelesaikan tesis. ALhamdulillah sdh kelar. sidangpun dah selesai....

elha mengatakan...

saya sdh masuk ke Blog kamu. Hebat...kita bs slg tukar info & tulisan ya...slm ukhuwah elha

ermayanti mengatakan...

VALENTINE DAY BISNIS. AKU SETUJU. TOH YANG KOAR2 CUMAN INDUSTRI MEDIA

ermayanti mengatakan...

VALENTINE DAY BISNIS. AKU SETUJU. TOH YANG KOAR2 CUMAN INDUSTRI MEDIA. ELHA TOLONG KUPAS LAGI VALENTINE

ermayanti mengatakan...

ELHA TOLONG KUPAS LAGI VALENTINE

cici mengatakan...

mas elha bagaimana valentine days menurut ajaran islam. tolong dikupas dong. makasih

endut mengatakan...

valentine dalam ajaran islam. haram kalee ya? apa ada hukum yang lain? dibahas dong pak elha

irma mengatakan...

bacaanya bagus juga. dan masuk akal. tapi mengapa industri giat berpromosi

irma mengatakan...

valentine untuk keuntungan bisnis. sayang banyak yang tidak mengerti

iin mengatakan...

wow, iki tentang valentine iku. aku sek setuju valentine = bisnis. suun mas elha

iin mengatakan...

VALENTINE DAYS = BISNIS. AKU SANGAT SETUJU

elha mengatakan...

tenx elot atas komen-nya....btw, ane g blg klo valentine itu bisnis...cuman gejalanya, valentine itu srg dimanfaatkan oleg pihak2 ttt utk kepentingan bisnis...gicuuuu. mknya kudu ati2. slm ukhuwah elha

yupi_cute mengatakan...

“Barang siapa meniru suatu kaum, maka ia termasuk dari kaum tersebut, ” Demikian bunyi hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Tirmidzi.

Ibnul Qayyim Al-Jauziyah rahimahullah juga berkata, “Memberi selamat atas acara ritual orang kafir yang khusus bagi mereka, telah disepakati bahwa perbuatan tersebut haram. Semisal memberi selamat atas hari raya dan puasa mereka, dengan mengucapkan, “Selamat hari raya!” dan sejenisnya. Bagi yang mengucapkannya, kalau pun tidak sampai pada kekafiran, paling tidak itu merupakan perbuatan haram. Berarti ia telah memberi selamat atas perbuatan mereka yang menyekutukan Allah. Bahkan perbuatan tersebut lebih besar dosanya di sisi Allah dan lebih dimurkai dari pada memberi selamat atas perbuatan minum khamar atau membunuh. Banyak orang yang kurang mengerti agama terjerumus dalam suatu perbuatan tanpa menyadari buruknya perbuatan tersebut. Ia telah menyiapkan diri untuk mendapatkan kemarahan dan kemurkaan Allah. ”

Allah SWT sendiri di dalam Qur’an surat Al-Maidah ayat 51 melarang umat Islam untuk meniru-niru atau meneladani kaum Yahudi dan Nasrani, “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin(mu); sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. Barangsiapa di antara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim."

wallahu'alam

salam ukhuwah selalu :D

elha mengatakan...

punten...krn Valentine's Day dari sudut pandang ajaran Islam dah di bhs lengkap o/ sdri Yupi_cute (dlm komentar)....sptnya ane g perlu lg bikin tulisan sejenis. Komentar Yupi_cute sdh mewakili & lbh dari cukup, shg scr tdk lgs janji ane sdh terpenuhi...Ane mhn maaf, bila tulisan -> Selanjutnya : Valentine’s Days dari sudut pandang Islam, ane tarik kembali. tks Yupi_cute. tks semuanya. slm ukhuwah elha

Anonim mengatakan...

setuju pak

Anonim mengatakan...

tidak ada cinta sejati pak. setuju valentine = bisnis

Anonim mengatakan...

cinta sejati dalam valentine. no way. betul bang elha

elha mengatakan...

tks banyak atas dkgnya. utk Valentine dari sudut pandang ajaran Islam, sptnya dah ckp jelas komentar Youpi...so, janji ane, ane tarik kembali...(drpd mubazir, lbh baik posting artikel yang lain)

Anonim mengatakan...

sang iwan fals beraksi

eendhoet mengatakan...

KANG MAS ELHA = IWAN FALS? MASIH PERLU DI BUKTIKAN. TAPI UNTUK PEMULA SUDAH OK

eendhoet mengatakan...

lali akoe. menjadi iwan fals kudu baik sama rakyat. bisakah KANG ELHA? BUKTIKAN BILA KANG MAS MAMPU! akoe, cah ayu solo