Senin, 30 Maret 2009

SITU GINTUNG : HIKMAH ATAU KELALAIAN

SITU GINTUNG : HIKMAH ATAU KELALAIAN

By elha (pengamat sosial pinggiran) 30.03.2009

Tidak ada kalimat yang paling tepat selain Innalillahi wainnailaihi roji’un.

s.d kemarin sore tgl. 29.03.2009, jumlah korban meninggal mencapai 97 orang, 102 berstatus hilang dan puluhan rumah hancur......

.

Tidak ada yang menyangka, kehidupan di sekitar Situ Gintung yang damai, tenteram dan merupakan obyek wisata di wilayah (pinggiran) Jakarta berubah menjadi petaka ’Tsunami’ dalam sekejap. Masya’ Allah....

.

Ketangakasan dan kebersamaan masyarakat Indonesia dalam membantu saudaranya yang terkena musibah patut di acungi dua jempol. Univ. Muhammadiyah Jakarta (UMJ) dan STIE Ahmad Dahlan, langsung mengubah kampusnya sebagai posko bencana. Bantuan makanan jangan di tanya, Posko Bencana hingga sulit menampungnya.....Subhanallah..

.

Sayangnya, bencana Situ Gintung tidak lepas dari kelihaian Parpol dalam meraih simpati. Mereka kabarnya ikut mendirikan posko bantuan, lengkap dengan atribut paspol dan no urutnya. (TV-One, Sabtu, 28.03.2009).

Jika Parpol tsb memang rajin membantu korban bencana, seperti PKS, tentu kita tidak mempesoalkan. Namun ketika mereka pura2 peduli hanya saat masa pemilu, Masya’ Allah......menjadikan korban sebagai media promosi.

.

-------ooOoo---------

Menilik lokasi bencana yanng tepat berada di bawah tampungan air Situ Gintung, Kita seakan tidak percaya kalau pemerintah tidak memberikan pengamanan thd Situ. Tanggul yang hanya terdiri dari tumpukan tanah yang dipadatkan sungguh2 rentan thd bahaya Tsunami’. Adakah hal sudah di lakukan kita semua?

.

Tidak ada yg perlu dipersalahkan. Tidak perlu juga saling mengklaik paling berjasa dan paling benar.

.

Bencana demi bencana datang melanda, ada apa dengan negeri kita? Sptnya kita perlu meresapi apa yg dilantunkan oleh Ebiet G. Ade dg syairnya...Mungkin alam sudah bosan bersabahat dengan kita.......

.

Mungkin saya telat dan buta informasi, ke rekg manakah jika kami ingin bergabung dengan Kompasiana dalam memberikan bantuan untuk membantu saudara2 kita di Situ Gintung??

.

Slm ukhuwah – slm duka

elha (pengamat sosial pinggiran)




2 komentar:

Anonim mengatakan...

HIKMAH ATAU KELALAIAN ADALAH DUA HAL YAG BERBEDA NAMUN ORANG SERING SULIT MEMBEDAKANNYA.

Unknown mengatakan...

Tergantung cara anda memandang kejadian itu, karena Tuhan memberi tahu dengan caraNya
Tapi kita cari tahu ada apa dibalik kejadian itu