Sabtu, 26 September 2009

LEBARAN PART 1….. (LOUNDRY KILOAN SANG DEWA PENYELAMAT)

LEBARAN PART 1….. (LOUNDRY KILOAN SANG DEWA PENYELAMAT)

By elha – Financial Planner

.

Hanya bermodalkan sebuah mesin cuci Ida (sebut saja begitu) merubah dirinya menjadi Dewa Penyelamat…… Tumpukan pakaian yang akan diloundry bertebaran di beberapa sudut rumah. Luar biasa. Rezeki yang sangat menggiurkan. Dan ucapan terima kasih dar banyak orang....(elha Financial Planner).

.

---oooOooo---

.

Lebaran memang dahsyat. Karena Lebaran jutaan orang menangis bersimpuh di pangkuan Ibundanya, meminta maaf dan ampunan atas segala dosa yang pernah diperbuat. Lebaran mampu meneteskan air mata dari pelupuk mata isteri/suami kala mengingat kekhilafan. Saling berpelukan (mesra), mencium tangan dan berucap...”Maafkan segala kesalahan umi/ibu...abi/bapak ya....”

.

Lebaran juga dapat mengakhiri perselisihan antara dua pihak. Mereka yang selama ini memendam rasa kebencian, permusuhan dan ego-sentris, .... saling melepas mata rantai permusuhan. Berpelukan dan saling bermaafan. Nostalgia masa kecil mengharuskan mereka untuk kembali duduk bersama, bercerita tentang keindahan masa lalu yang sulit dilupakan.

.

Lebaran merupakan hari dimana orang-orang kota dengan ikhlas melepas ’keangkuhan’ selera. Mereka tidak mencari fast food, junk food, sea food dan food – food ala metrpolitan lainnya. Yang dicari justru makanan ’kampung’ khas Hari Raya seperti Jipang, Dodol dan Tape Uli serta keripik (bumbu chin), rengginang dan biji ketapang.. (khas Jabotabek dan Banten)....atau tape ’khas’ kuningan yang dibungkus daun jambu (khas keresidan Cirebon).

.

---oooOooo---

.

Lebaran memang Dahsyat. Kegembiraan merayakan Hari Raya langsung menyadarkan kita betapa selama ini hidup kita sangat bergantung kepada Pembantu Rumah Tangga (PRT), Baby Sitter, Sopir Pribadi, Mbok Emban, Cleaning Service dan sejenisnya. Tatkala mereka merayakan Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman, sontak kita sadar (setelah berkeliling bersilaturahim) betapa tumpukan cucian kotor harus segera dibenahi. Piring dan gelas kotor juga berserakan di wastafel/dapur. Ruang tamu dan halaman rumah yang terlihat tak rapih. Anak-anak yang harus segera dimandikan.

.

Mungkin juga kendaraan yang harus disiapkan untuk berkunjung ke tempat lain......terpikir oleh kita betapa selama ini kita selalu siap sedia. Kita selalu ’On Time’. Kita terbiasa ada hampir setiap kebutuhan di rumah....berkat jasa mereka, para PRT, Baby Sitter, Sopir Pribadi, Mbok Emban, Cleaning Service dan sejenisnya.

.

Adakah mereka sudah menjadi bagian dari keluarga kita? Adakah kita sudah memenuhi hak-haknya?.

.

---oooOooo---

.

Sang Dewa Penyelamat Datang? Ya, Loundry Kiloan. Mereka membuka pintu lebar-lebar untuk membantu keluarga yang kerepotan dengan cucian kotornya. Hanya dengan uang jasa Rp. 5.000,- s.d Rp. 7.000,- /Kg, mereka mampu membersihkan dan melicinkan seluruh pakaian kotor ’hanya’ dalam waktu 1 hari, 2 hari atau paling lama 3 hari saja...ya, meskipun tidak selicin biasanya, namun setidaknya melegakan semua pihak.

.

Bu Ida, misalnya, Ibu Rumah Tangga yang tinggal di kawasan Perumnas I Tangerang ini bisa menerima puluhan atau bahkan ratusan Kg setiap harinya. Ketika kami berkunjung untuk meminta bantuannya (Loundry), kami melihat tumpukan cucian kotor ada di beberapa sudut ruangan. Setiap tumpukan menandakan kepemilikan satu keluarga. Agar tidak tercampur katanya. Antriannya juga luar biasa. Cucian kotor yang kami serahkan pada pagi hari, baru tercuci pada malam harinya. Itupun dengan sedikit permintaan, karena pakaian bersih bawaan kami sudah tak tersisa lagi..hehehe

.

Hal yang sama juga terlihat di Syawal Loundry. Loundry Kiloan yang berada di wilayah Rawasari ini juga menangguk rezeki yang menakjubkan. Antrian ’keluarga’ yang meminta bantuannya berjejer rapih....puluhan atau bahkan ratusan Kg pakaian kotor siap ditangani.

.

Loundry Kiloan. Nama ini menjadi populer di era 2000an, mungkin tepatnya sejak tahun 2005/2006. Loundry Kiloan merupakan jawaban atas kegelisahan keluarga yang ’rasanya’ tak sanggup menyelesaikan pekerjaan rumah, khususnya pakaian kotor, ketika PRT pulang kampung. Atau jawaban untuk keluarga karir, yang suami-isterinya merupakan pekerja/pegawai atau wirausahawan tidak memiliki banyak waktu untuk menyelesaikan masalah ini (cucian kotor). Atau diperuntukkan bagi mereka yang ’kebetulan’ memerlukan waktu istirahat lebih, sehingga sulit menangangi cucian kotor.

.

---oooOooo---

.

Lebaran memang dahsyat. Loundry Kiloan, mampu merubah dirinya menjadi ‘Dewa Penyelamat’, khusunya bagi mereka yang sangat memerlukannya. Loundry Kiloan mampu menjawab kegelisahan mereka sekaligus menanggung rezeki dengan ucapakan banyak terima kasih…

.

Ada yang ingin mencoba….

.

Taqoballahu Minna Waminkum. Ja’anallahu Waiyyakum. Minal ‘Aidin Wal-Faizin. Mohon dibukakan pintu maaf atas segala kesalahan dan kesalahan kami (elha dan keluarga) selama ini.

.

Selamat Hari Raya Idul Fitri. Selamat Menjalankan Puasa Sunnah Syawal selam 6 hari yang nilainya setara dengan puasa setahun penuh (dengan Ramadhan).

.

Salam ukhuwah

elha – 27.09.2009




Tidak ada komentar: