Minggu, 28 Juni 2009

HERAWATI BOEDIONO BERKERUDUNG….

HERAWATI BOEDIONO BERKERUDUNG….

By elha – pengamat politik pinggiran

.

Tak peduli issues yang menimpanya, Herawati Boediono tampil berkerudung. Jawaban sebagai Muslimah Sejati atau ada karena factor tertentu??

.

Indonesia memang Negara khas. Sesuatunya memiliki parameter dan barometer yang berbeda dengan Negara lain. Simbol-simbol dipandang sangat penting. Politik pencitraan menjadi hal yang sangat diagungkan. Menutupi kegagalan ketika memerintah adalah fenomena wajar, sehingga penampilan yang ‘anggun’ khas lipstick, bicara pepesan kosong, janji manies, pura-pura peduli dan menyerang lawan politik menjadi menu pilihan dalam pemilu, pilpres dan pesta politik lainnya.

.

Boediono adalah sosok yang paling banyak mendapat ‘serangan’. Issue Neolib menghantam keras. Ketika banyak tokoh, termasuk Faisal Basri yang mentralisir, issue dialihkan ke keyakinan sang isteri yang di’kabarkan’ penganut Katolik.

.

Benarkah? Wallahu’alam.

Yang jelas tidak/belum ada bantahan/klarifikasi, baik pribadi Boediono, isteri ataupun timses dan koalisi pengusung SBY-Boediono.

.

Entah menjawab kontroveri yang berkembang, atau memang aktifitas rutin, Herawati yang akhir-akhir ini diserang isu penganut Katolik, tampil berkerudung, saat bertemu dengan 1.000 perempuan muslimah

Silaturahmi Herawati dengan 1.000 perempuan muslimah berlangsung di Gedung Cut Nyak Dien yang terletak di kompleks Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (25/6/2009).

.

Dalam rilis yang diterima detikcom, kehadiran Ibu Herawati Biediono adalah untuk menepis fitnah-fitnah yang berkembang di masyarakat mengenai keislaman Herawati.
.

"Dengan diselenggarakannya acara ini, dapat menjadi kanal untuk menyingkap yang tersekat, mengurai yang tersumbat dan meluruskan yang bengkok. Sehingga umat dapat memperoleh informasi yang jelas daripada hanya berprasangka tidak baik," ujar Ketua Umum PP Taslimah, Wiryaningsih dalam rilis tersebut.
.

--dikutip dari http://detik.com, Aprizal Rahmatullah – detikPemilu, Kamis, 25/06/2009 14:26 WIB—

.

Politik Indnesia memang khas. Segala jenis simbol, attribute, warna dan ketokohan seseorang/lembaga/parpol menjadi sangat penting, sehingga perubahan sedikit saja dari item-item tsb memiliki makna dan pengaruh sang luar biasa besar. Tak heran bila hal tsb sering dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk bermanuver politik dan sikap pura-pura keberpihakan terhadap symbol, atrubute dan warna serta sang tokoh.

.

Ketiga pasangan capres-cawapres, memiliki tokoh (purn) TNI yang memiliki pengaruh sangat kuat. ‘Jejaring’ ala militer juga digunakan untuk memenangkan kompetisi pilpres. Coba perhatikan daftar nama-nama tokoh timses atau dibalik timses. Kita akan melihat betapa pola intelejen juga bermain untuk mengetahui peta persaingan dan strategi memenangkan persaingan itu sendiri.

.

Adakah issue Katoliknya Herawati Boediono merupakan strategi Kampanye ala intelejen? Mungkinkah penampilan isteri Boediono yang berkerudung juga contra intelejen? Atau semua issue yang berkembang ketika suasana pilpres adalah permainan dan pembelajaran ala intelejen? Wallahu’alam.

.

Sebagai pemilih kita harus tetap focus pada kualitas program sang kandidat. Track record capres-cawapres dan keberpihakan mereka terhadap rakyat, terutama masyarakat bawah.

.

Selamat berdemokrasi – selamat memilih

Salam ukhuwah

elha – 29.06.2009
www.jangankedip.blogspot.com




5 komentar:

Anonim mengatakan...

tenang2 aja tdk usah dihiraukan masak utk menjadi wapres tergantung hanya pada selembar kain nggak rasonal lah tapi siapa yang enggak rsional ya calon pemilih atau calon yang akan dipilih klo hanya selembar kain menjadi pertimbangan

palawija.
www.kompas.com/public.kompasiana.com/.../herawati-boediono-berkerudung…/

Anonim mengatakan...

AbahSafir,
www.kompas.com/public.kompasiana.com/.../herawati-boediono-berkerudung…/

“Al_fitnatu minal qotl…” Yuk kita menahan diri… Setuju..??? Ya Samii’u… Ya Bashiir ….

Anonim mengatakan...

yunika,
www.kompas.com/public.kompasiana.com/public.kompasiana.com/.../herawati-boediono-berkerudung…/

btw saya pernah lihat juga hlo link,lupa drmn kalo bu herawati ini sedang shalat berjamaah dlm acara yg diadakan spt disebut di atas.

memang cape juga ya lihat agama dijadikan komoditas di perpolitikan negara ini. jd teringat kemarin di sepanjang daerah menteng spanduk bu mega bersama pak prabowo dimana bu mega mengenakan kerudung.

Anonim mengatakan...

http://public.kompasiana.com/2009/06/29/herawati-boediono-berkerudung%e2%80%a6/#comments

sejak kapan politik punya agama....
naiknya obama di AS awalnya juga dituduh sebagai "komplotan" islam karena namanya yang mirip dgn nama orang2 islam (barack Hussein Obama) tapi obama tdk menutup-nutupinya justru membrikan penjelasan kepada publik amerika...
berani nda ibu herawati istri boediono untuk memberikan penjelasan kepada publik jangan hanya disampaikan melalui pencitraan oleh fox
toh... apapun agama atau keyakinanya kami masyarakat indonesia yang paham makna pluralisme justru akan lebih memberikan apresiasi yang tinggi kepada beliau....
kasih Allah untuk Indonesia...

--aries yasin, --

Anonim mengatakan...

elha, ada baiknya baca majalah tempo yang mulai beredar senin 29 juni ini. Disana dikupas pribadi semua capres dan cawapres, termasuk budiono dan istrinya.
Dengan cara gitu, tak ada fitnah

koswara,
http://kompas.com/public.kompasiana.com/.../herawati-boediono-berkerudung…/