Kamis, 04 Juni 2009

MASYA’ ALLAH ANAKKU ‘BOCOR’

MASYA’ ALLAH ANAKKU ‘BOCOR’

By elha – pengamat sosial pinggiran

.

Orang tua mana yang tidak terpana melihat peristiwa itu. Air mata sudah tidak mampu keluar lagie. Ingin rasanya kami peluk buah hati kami yang ‘bocor’ tsb. Adakah darah yang tercecer? Jangan Ditanya Lagie….

---oooOooo---

Dari atas kuda jengki (motor maxute), anakku yang bungsu ber-ujar

“Bi,….(anak2ku memanggil aku dg sebutan abi)…”

“Ya, Ai…” jawabku penuh kasih sayang

“Masa’ tadi waktu les, anak-anak cewek megang pipi aku. Emang aku keliatan ganteng ya Bi…?” Tanya anakku polos. Sepolos bocah-bocah lugu nan bersih

“hehehehe…” aku tertawa dalam hati. Memalingkan muka agar anakku tidak melihat

”Kok Abi ketawa sih..?” tanya anakku lagi penuh keheranan

”Gak papa. Ai emang ganteng kok. Apalagi kalau Ai baik sama temen-temen”

.

Kepolosan-kepolosan anakku begitu terngiang di telingaku. Dia begitu menghibur. Menghilangkan rasa lelah sehabis bekerja. Menjauhkan kepenatan kehidupan ini. Karenanya aku tak kuasa, ketika melihat anakku ’bocor’

.

”Kak...sekarang kan Kakak ujian...” kata Fachri satu pagi kepada Kakaknya (Mufti)

”Ya emang kenapa...?” jawab kakaknya

”Kalau nonton disambi dong....” katanya berlagak orang tua menasehati anaknya. Namun tetap dengan wajah bocah yang polos

”Disambi makan, disambi pake sepatu...biar cepet....” katanya lagi

.

Duh, aku membayangkan wajahnya yang innocent. Pipinya yang cenderung tembem (tembem = bhs betawie = agak besar & menggemaskan_pen). Tingkahnya yang selalu membuat para tetangga dan guru-guru Play Groupnya gemas. Mereka sering nanggap (bhs betawi = meladeni untuk meledek_pen) dan mencubit pipi anakku. Memukul ’maaf’ pantat anakku.

.

Tapi kini.....Fachri ada di pangkuanku. Aku tak kuasa melihatnya. Air mataku mengalir perlahan.

”Nak.....mengapa jadi begini....?”

”Siapa yang melakukan ini kepada mu, Nak”....aku kembali menitikkan air mata

.

Darah.....jangan ditanya......semua sudah terjadi

.

Bayanganku kembali pada hari-hari sebelumnya

”Bi...kok perginya malam pisan sih....?.” kata anakku satu ketika

”Iyya, khan Abi baru pulang...”

”Kita mau ke dokter gigi ya Bi?”

”Iyya...kok Ai ngomongnya pake ’pisan’ sih?” tanyaku

”Iyya neh...Mba ngajarinnya nggak becus. Masa aku di ajarin bahasa ’mengkonon’, ’pisan’, ’beli weru’.....(bhs Cirebonan_pen)” jawab anakku agak-agak sewot....sewot seorang bocah

”hehehehe...”

”Emang Mba orang Cirebon ya Bi”

”Pantes aja ngomongnya medok banget” katanya penuh bangga

”Loch kok Ai tahu”

”Iyya...khan, aku selalu inget yang Abi kasih tahu...dari aku bayi Bi...kan aku banyak makan wortel...”

”Hehehehehe”

.

Bayangan itu terus aku ingat.

.

”Pak elha....anaknya ’bocor’ tuch” tetangga memberi tahu

”...??@@@###??” aku diam seribu bahasa...

”Pak, anaknya mirip orang Ambon” kata tetangga yang lain

.

Anakku memang agak hitam...tapi hitam manies loch. Rambutnya agak keritning kriwil-kriwil.

”Pak elha....anaknya lucu banget...di sini di cubitin terus ama anak-anak....mereka gemes” kata tetangga yang lain

.

Yaa..anakku memang menggemaskan

Saat anaku ’bocor’. ’bocor’ dimaksud adalah gampang ngejeplak.

.

Tetesan darah...jangan ditanya...

Gak ada lagie...masak gampang ngejeplak ada darah seeh

Air mataku...karena aku begitu sayang pada anakku. Anakku yang menghibur dan bikin rindu selalu.

.

Hehehehe

.

Jadi bukan bocor karena apa-apa. Tapi karena banyak omong...hehehehehe

.

Slm ukhuwah elha

www.jangankedip.blogspot.com

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Masya Allah ternyata aku tertipu haha

Anonim mengatakan...

cukup menghibur

Anonim mengatakan...

kirain. aku sudah deg-degan eh ketipu juga